Cloud Computing? Apa Itu?

August 25, 2014

entang Cloud Computing
Tentang Cloud Computing

Hai guyss,
Tahukah kalian tentang Cloud Coputing??
Pengin tau lebih banyak lagi tentang Cloud Computing??
Pengin bikin Cloud Computing sendiri??
Yuk kita bahas di sini, tapi berhubung panjang banget materinya kita bahas setahap-setahap yah.

Cloud computing itu kalo diartikan ke bahasa indonesia adalah komputasi awan. dalam dunia komputer awan sering menjadi simbol dari jaringan internet/jaringan yang skalanya luas dan komputasi sama artinya proses yang dilakukan oleh komputer. jadi kalo diartikan cloud computing itu kurang lebih bermakna proses yang dilakukan komputer yang berada di dalam jaringan internet dan bisa diakses oleh user kapanpun dan dimanapun selama ada internet.

Bahasanya ribet yah?

lebih jelasnya lagi seperti ini. Biasanya kita menggunakan komputer yang berada di hadapan kita, dengan spesifikasi hardware sesuai waktu kita beli, dan software sesuai yang telah kita install. Bedanya dengan cloud computing adalah, kita bisa menggunakan sofware yang tidak kita install di komputer kita, kita bisa menggunakan komputer dengan spesifikasi yang berbeda dengan yang ada di hadapan kita. Semuanya diakses melalui internet termasuk penyimpanan data juga bisa dilakukan.

Ada 3 layanan dalam cloud computing, yuk bahas satu-satu.

  1. Software as a Service
    Sederhananya layanan ini menyediakan software yang bisa kita jalankan melalui komputer kita tanpa menginstallnya terlebih dulu, contohnya adalah google docs, email, youtube dsb. Dimana kita tinggal membuka aplikasi tersebut dari browser dan menjalankannya langsung.

  1. Platform as a Service
    Platform as a Service ini satu level berada di software as a service, kalo software as a service kita tinggal menjalankan softwarenya saja, kalo platform as a service kita sebagai user bisa menginstall software kita di server dan menjalankan dari komputer kita di rumah. Ya simplenya sih begitu, jadi seperti kita disediain pc yang udh di install sistem operasi oleh servernya.

  1. Infrastructure as a Service
    Nah kalo yang ini level paling atas, sebagai user seolah2 memilik komputer secara virtual di server, jadi kita bisa menginstall sistem operasi dan software aplikasi apa aja yang kita mau ke dalam komputer kita dalam server IaaS ini.

Selama ini sudah pernah menggunakan layanan cloud computing?
Ingin mencoba membangun cloud computing sendiri?

Postingan selanjutnya saya mau bahas tentang OpenStack yang merupakan salah satu perangkat lunak untuk membangun cloud computing. Tunggu aja yah.

You Might Also Like

0 comments