How to Setup Network Time Protocol (NTP) Server on CentOS

April 04, 2016


Network time protocol atau NTP merupakan sebuah protokol dalam jaringan komputer yang menyediakan layanan waktu. Dengan adanya layanan ini maka client secara otomatis akan menyamakan waktunya dengan waktu server layanan NTP. Penggambaran paling mudah adalah ketika kita baru menyalakan handphone yang habis lepas baterai. Biasanya kita harus mengatur ulang waktu dan tanggal, namun saat ini tersedia juga layanan pengaturan otomatis dimana waktu di handphone kita akan mengikuti waktu yang diatur oleh provider sehingga kita tidak perlu repot mengatur waktu dan tanggal.

Penggunaan network time protocol dalam jaringan komputer biasanya untuk menyamakan waktu setiap komputer dalam perusahaan, dalam laboratorium komputer atau dalam data center sekalipun. dengan menyamakan waktu maka tidak akan mengurangi terjadinya kesalahan dalam penjadwalan.

Dalam sebuah data center terutama yang telah menerapkan sistem terdistribusi, NTP sangat penting sebagai acuan waktu pada setiap log yang tulis oleh service. Selain itu juga beberapa layanan komunikasi seperti message broadcast / message broker menyertakan waktu dalam layanannya seperti waktu pengiriman pesan dan waktu diterimanya pesan. bisa kita bayangkan apabila terjadi perbedaan waktu antara pengirim dan pengirim pesan, maka pesan yang diterima bisa dianggap expire.

Untuk setup NTP server pada CentOS tahapannya adalah :
Install paket yang dibutuhkan :
# yum -y install ntp
Edit file /etc/ntp.conf untuk menambahkan line beirkut ini :
restrict 10.0.0.0 mask 255.255.255.0 nomodify noquery notrap 
Line tersebut berarti mengijinkan alamat IP dalam network 10.0.0.0 dengna subnet mask 255.255.255.0 untuk dapat menjadi client dari NTP server ini. Kemudian untuk menentukan waktu acuan pada server kamu bisa mengguankan local time. pada bagian server, beri tanda pagar semua server yang sudah tertulis. kemudian tambahkan satu baris :
server 127.127.1.1 iburst
Line tersebut akan membuat server menggunakan local time atau waktu pada bios sebagai waktu acuannya. Kemudian simpan konfigurasi dan keluar.

Selanjutnya adalah menjalankan layanan NTP server. Apabila kamu menggunakan CentOS 6 maka perintahnya sebagai berikut :
# service ntpd restart
# chkconfig ntpd on
Apabila kamu menggunakan CentOS 7 maka perintah untuk menjalankannya sebagai berikut :
# systemctl start ntpd
# systemctl enable ntpd
Untuk memastikan NTP benar-benar bejalan maka kamu bisa memeriksa dengan mengetikan perintah :
# ntpq -p
Demikian tutorial setup NTP server di CentOS. Semoga bermanfaat.

You Might Also Like

0 comments